Breaking News

Ledakan Gas Elpiji 3 Kg di Kota Bogor, 7 Orang Terluka


Liputan889 -  Kejadian mencekam terjadi di Kampung Lebaksari, Kelurahan Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (9/6/2024) ketika sebuah tabung gas elpiji 3 kilogram meledak, menyebabkan tujuh orang mengalami luka bakar serius. Menurut Kapolsek Bogor Tengah Agustinus Manurung, ledakan ini berasal dari rumah salah seorang warga yang menjalankan usaha penjualan gorengan, dengan dugaan kuat bahwa kebocoran gas menjadi penyebabnya.

1. Lima Orang Pulang, Dua Orang Masih Dirawat

Pascaledakan, para korban segera dilarikan ke Rumah Sakit Ummi untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih lanjut. "Saat ini lima orang sudah kembali ke rumah, dan dua orang masih dirawat," ungkap Agustinus Manurung, menyatakan kondisi korban setelah mendapatkan pertolongan medis.

2. Kronologi Kejadian Ledakan Tabung Gas 3 Kg

Menurut penjelasan Kapolsek Bogor Tengah, peristiwa tragis ini bermula ketika salah seorang warga yang memiliki warung gorengan hendak menutup usahanya pada malam Sabtu, 8 Juni 2024. Namun, ketika hendak menutup warung, dia mengetahui bahwa tabung gas yang digunakan mengalami kebocoran. Dalam usahanya untuk menutup kebocoran tersebut dengan menggunakan kain basah, tabung gas tersebut dibawa keluar rumah. Namun, sayangnya, gas masih terus menyembur dari tabung yang bocor. Ketika seorang tukang cuanki lewat, ledakan terjadi, menyebabkan tujuh orang di sekitarnya mengalami luka bakar serius.

3. Korban Mengalami Luka Bakar dengan Tingkat Keparahan yang Berbeda

Sumardi, Staf Informasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bogor, menjelaskan bahwa timnya telah melakukan asesmen bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) setelah kejadian. Mereka juga telah mengedukasi warga setempat tentang pentingnya berhati-hati dalam menggunakan gas. "Korban telah dilarikan ke RS Ummi untuk mendapatkan pertolongan medis. Mereka mengalami luka bakar antara 30 hingga 70 persen, terutama di tangan, kepala, dan kaki," jelas Sumardi.

Baca juga artikel :  Anggota Polres Yalimo Papua Kabur dengan 4 Senjata Api Polri

Kesimpulan

Ledakan tabung gas elpiji 3 kilogram di Kota Bogor menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya keselamatan saat menggunakan gas. Kebocoran gas merupakan ancaman serius yang dapat menyebabkan tragedi yang tidak terduga. Dalam hal ini, edukasi masyarakat tentang bahaya gas elpiji dan langkah-langkah keselamatan yang perlu diambil sangat penting untuk mencegah kejadian serupa di masa depan. Cari tahu juga informasi menarik dan terupdate lainnya di Warkop Siang

© Copyright 2022 - liputan889 - Informasi Berita Terbaru Saat Ini