Breaking News

3 Keterampilan Penting untuk Menjadi Mompreneur Sukses, Simak Yuk!

 


Liputan889 - Menjadi ibu rumah tangga tidak berarti kamu tidak bisa menghasilkan uang. Apakah kamu sudah familiar dengan istilah "mompreneur"? Sebagai ibu, kamu tidak hanya mengurus pekerjaan rumah tangga dan mendidik anak, tetapi juga memiliki kesempatan untuk menjadi produktif dan mandiri melalui berbisnis. Bisnis bisa menjadi sarana untuk menyalurkan ide, hobi, atau kreativitas lain sehingga menghasilkan pendapatan. Dengan cara ini, kamu juga bisa membantu perekonomian keluarga. Ibu rumah tangga yang juga menjalankan bisnis disebut mompreneur.

Tips Menjadi Mompreneur Sukses

Ada berbagai cara untuk menjadi mompreneur, mulai dari menjadi reseller kebutuhan anak, menjual fashion anak dan dewasa, produk makanan rumahan, jasa titip (jastip), hingga kuliner. Kamu bisa menyesuaikan jenis usaha dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki. Namun sebelum itu, ada baiknya kamu memahami keterampilan utama yang dibutuhkan mompreneur untuk sukses.

Berikut adalah tiga keterampilan utama untuk menjadi mompreneur sukses, seperti yang disampaikan oleh Bunga Mega, Head of Community Orami dalam sesi Orami School of Community seri Digital Mompreneur pada Selasa, 27 April 2021.

1. Kemampuan Networking dan Membaca Tren Pasar

Jika ingin menjadi mompreneur sukses, kamu perlu terus mengasah kemampuan dalam mengenali peluang usaha. Salah satunya adalah dengan memahami kemampuan diri sendiri dan mampu melakukan tes pasar. Bisnis yang dijalankan dengan kemampuan yang mumpuni biasanya akan lebih mudah berkembang.

Jangan ragu untuk melakukan inovasi dan tes pasar agar kamu yakin bahwa bisnis yang dipilih sudah tepat. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Selain itu, aktiflah dalam melakukan networking dari komunitas terdekat dengan memanfaatkan jaringan pertemanan sesama ibu yang solid. Ini berguna untuk menciptakan peluang konsumen yang lebih banyak sehingga usaha kamu bisa semakin berkembang.

2. Kemampuan Promosi dengan Digital Marketing

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi dan berkembangnya tren bisnis online, kamu juga perlu mengasah kemampuan promosi dengan digital marketing. Keterampilan ini bisa kamu peroleh dengan cara memperluas wawasan mengenai tips dan trik berjualan via marketplace. Mompreneur juga harus belajar menerapkan Search Engine Optimization (SEO) di halaman produk dan toko sehingga jenis produk atau jasa yang ditawarkan mudah ditemukan oleh konsumen.

Selain itu, penting untuk meningkatkan angka penjualan dengan beriklan secara digital, baik itu iklan di marketplace terkait ataupun iklan di media sosial. Menguasai digital marketing akan memberikan kamu keunggulan dalam mencapai lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.

3. Kemampuan Marketing via Media Sosial

Hal lain yang sebaiknya kamu miliki agar dapat menjadi mompreneur sukses adalah kemampuan marketing via media sosial. Teknologi sangat berpengaruh dalam suatu bisnis, sehingga kamu perlu menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan penjualan melalui media sosial. Misalnya, kamu bisa membangun reputasi dengan membuka akun di berbagai kanal media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan WhatsApp yang memiliki banyak pengguna.

Melalui media sosial, kamu memiliki kesempatan untuk bertemu dengan konsumen secara lebih luas. Cobalah menggunakan strategi promosi tanpa biaya seperti barter atau endorsement. Kamu bisa memulainya dari nano-influencers yang ada di lingkaran terdekat. Cara ini dilakukan untuk menciptakan brand awareness dan mendatangkan konsumen. Selain itu, kamu juga sebaiknya aktif berinteraksi dengan audiens dan konsumen di media sosial untuk membangun engagement serta loyalitas.

Baca juga artikel : PBB Mengatur Ulang Jalur Bantuan dari Dermaga Apung AS di Gaza

Menjadi mompreneur sukses memang membutuhkan usaha dan dedikasi yang besar. Namun, dengan keterampilan yang tepat, manajemen waktu yang baik, dan dukungan dari keluarga serta komunitas, kamu bisa mencapai kesuksesan dalam bisnis sambil tetap menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga. Semoga tips dan informasi ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk terus berjuang meraih impian sebagai mompreneur yang sukses. Cari tahu juga informasi menarik dan terupdate lainnya di Ruang FYP

 

© Copyright 2022 - liputan889 - Informasi Berita Terbaru Saat Ini