Breaking News

Ketahui Daftar 6 Ruas Tol Gratis yang Dibuka Untuk Meningkatakn Akses Tol Mudik Lebaran 2024

 


InternasionalBerita - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mempersiapkan sejumlah ruas tol fungsional guna mendukung arus mudik Lebaran 2024. Tidak hanya itu, ada pula pelebaran lajur pada beberapa ruas tol yang sudah ada untuk meningkatkan kapasitas jalan. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR dalam meningkatkan infrastruktur jalan dan jembatan setiap tahunnya.

Total panjang jalan tol di Indonesia pada tahun 2024 mencapai 2.836 km, tersebar di berbagai pulau seperti Sumatra (884 km), Jawa (1.783 km), Bali (10 km), Kalimantan (97 km), dan Sulawesi (62 km). "Sampai saat ini kita sudah punya sekitar 2.900 km jalan tol operasional dan sebagian fungsional. Ruas tol ini merupakan tulang punggung untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran dengan moda transportasi darat," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR pada Selasa (26/3/2024).

Daftar 3 Ruas Tol Fungsional di Pulau Jawa untuk Mudik Lebaran

Berikut adalah 3 ruas tol fungsional di Pulau Jawa yang disiapkan untuk mendukung arus mudik Lebaran:

  1. Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan dari arah Sadang ke Kutanegara (Panjang: 8,5 km)
  2. Tol Yogyakarta-Solo, ruas Kartosuro-Karanganom (Klaten) (Panjang: 22,3 km)
  3. Tol Cimanggis-Cibitung untuk ruas Cikeas-Cibitung (Panjang: 19 km)

"Tol Cimanggis-Cibitung kita fungsikan dengan harapan masyarakat dari arah Pamulang, Depok, Tangerang bisa masuk ke JORR-2 dan langsung ke Cikampek, sehingga mengurangi penumpukan di dalam kota," jelas Endra, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan.

Daftar 3 Ruas Tol Fungsional di Pulau Sumatra untuk Mudik Lebaran

Tidak hanya di Pulau Jawa, Kementerian PUPR juga bersama badan usaha jalan tol (BUJT) membuka 3 ruas tol fungsional di Pulau Sumatra:

  1. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura dan seksi 3-4 Sinasak-Seribu Dolok (Panjang: 56,6 km)
  2. Tol Bangkinang-Tanjung Alai (Panjang: 24,7 km)
  3. Tol Indrapura-Kisaran seksi 2 Limapuluh-Kisaran (Panjang: 32 km)

Ruas tol ini diharapkan dapat membantu dalam memperlancar arus lalu lintas dan meningkatkan konektivitas di Pulau Sumatra. "Jadi dengan adanya tambahan ruas tol fungsional ini, kita tidak hanya mengantisipasi saat mudik Lebaran saja, tetapi juga mempermudah akses pariwisata ke titik-titik destinasi pariwisata yang akan dipadati pengunjung, karena masa liburnya panjang," tambah Endra.

Baca juga artikel : Pengenalan Aset Kripto: Jenis dan Karakteristiknya 

Ruas Tol Fungsional Dibuka Gratis

Jalan tol fungsional adalah jalan bebas hambatan darurat yang dibuka sementara untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan, biasanya pada waktu tertentu dengan melihat kondisi dan pelaksanaan konstruksinya di lapangan. Karena sifatnya yang masih fungsional, maka pada ruas tol yang dimaksud tidak dikenai tarif alias gratis saat memasuki dan keluar dari jalan bebas hambatan tersebut.

"Betul masih gratis, belum berbayar semua," tegas Endra. Dengan adanya ruas tol gratis ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pemudik yang akan merayakan Lebaran bersama keluarga mereka.

© Copyright 2022 - liputan889 - Informasi Berita Terbaru Saat Ini