Breaking News

Strategi Investasi Emas Antam untuk Pemula Agar Mendapatkan Keuntungan

 


Liputan889 - Investasi emas Antam telah menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang. Karena harga emas yang cenderung naik dan stabilitasnya, serta kemudahan dalam pembelian dan penjualan, banyak orang, terutama para pemula, memilih untuk berinvestasi dalam emas Antam. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai investasi emas Antam, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan:

1. Tetapkan Tujuan Investasi Anda

Sebagaimana dalam memulai investasi lainnya, langkah pertama yang penting adalah menetapkan tujuan investasi Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan berinvestasi dalam emas Antam? Apakah untuk persiapan dana pensiun, pendidikan, liburan, atau tujuan keuangan lainnya? Dengan menetapkan tujuan investasi, Anda akan memiliki arah yang jelas dalam mengelola investasi Anda.

Investasi emas Antam cocok untuk menyiapkan dana dalam jangka waktu 5-10 tahun ke depan. Oleh karena itu, pastikan tujuan investasi Anda sesuai dengan periode waktu tersebut.

2. Pahami Kadar Emas

Langkah selanjutnya adalah memahami kadar karat pada emas. Kadar karat merupakan tingkat kemurnian emas, di mana emas murni memiliki kadar 24 karat. Biasanya, emas yang ditawarkan oleh perusahaan memiliki kadar 24 karat dan 18 karat.

Emas 24 karat memiliki tingkat kemurnian sebesar 99,99%, sedangkan emas 18 karat biasanya memiliki tingkat kemurnian antara 75,40% hingga 78,49%, dengan sisanya adalah campuran logam lainnya. Produk emas Antam biasanya akan dicap dengan logo perusahaan dan tingkat kemurniannya.

3. Amati Pergerakan Harga Emas

Sebagai seorang investor, penting untuk mengamati pergerakan harga emas secara berkala. Meskipun harga emas bisa cukup fluktuatif dalam jangka pendek, namun cenderung stabil dan naik dalam jangka panjang.

Manfaatkan penurunan harga emas sebagai kesempatan untuk membeli lebih banyak emas, dan pertimbangkan untuk menjualnya ketika harga emas naik. Namun, Anda juga bisa melakukan investasi secara rutin tanpa harus menunggu harga emas turun, karena dalam jangka panjang, investasi emas tetap akan memberikan keuntungan.

Baca juga artikel : 6 Barang Investasi Potensial yang Akan Membawa Keuntungan di Masa Depan

4. Tentukan Ukuran Emas yang Sesuai

Sebelum membeli emas, tentukan ukuran dan jenis emas yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Ukuran dan tingkat kemurnian emas akan memengaruhi harganya. Untuk investor pemula, PT Antam menyediakan produk emas dengan ukuran mulai dari Rp10 ribu atau 0,01 gram.

5. Beli Emas dari Tempat yang Terpercaya

Penting untuk membeli emas dari tempat yang terpercaya untuk menghindari penipuan. Pastikan Anda mendapatkan sertifikat yang berisi informasi tentang jenis, berat, kadar karat, dan nomor seri setiap pembelian emas, sebagai bukti keaslian emas.

Anda dapat membeli emas Antam melalui toko offline resmi dari Antam, Pegadaian, atau toko distributor resmi yang ditunjuk oleh Antam. Pastikan Anda memilih tempat yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

6. Simpan Emas di Tempat yang Aman

Setelah membeli emas, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman. Emas merupakan instrumen investasi yang berisiko tinggi terhadap kehilangan atau kerusakan.

Anda bisa menyimpan emas di Safe Deposit Box (SDB) di bank atau brankas di rumah. Namun, jika Anda menyimpan emas di SDB, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan. Alternatif lainnya adalah dengan melakukan investasi emas secara online melalui platform-platform yang terpercaya.

Investasi emas Antam menawarkan peluang untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda dapat memulai investasi emas Antam dengan lebih percaya diri. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam investasi Anda!

© Copyright 2022 - liputan889 - Informasi Berita Terbaru Saat Ini